Sosialisasi Kartu Tani Berbasis E-RDKK

404

Panincong Senin, 7 Mei 2018 dilaksanakan Sosialisasi e-RDKK dan Kartu Tani di Aula BPP Kecamatan Marioriawa. Kegiatan ini dilaksanakan karena E-RDKK pada tahun 2018 harus sudah dilakukan penyusunan, pendataan dan penginputan, ini bisa mencegah penyalahgunaan pupuk bersubsidi karena dengan e-RDKK data mudah untuk dipantau dan bisa dimonitoring oleh pihak pemerintah sehingga penyaluran pupuk bersubsidi akan tersalurkan kepada petani yang benar-benar membutuhkannya.

Kegiatan Sosialisasi ini di hadiri oleh Camat Marioriawa, Kapolsek, Kepala Desa/Kelurahan Produsen Pupuk Kaltim, Distributor, Pengecer Pupuk, KTNA dan Pengurus Kelompok Tani Se-Kecamatan Marioriawa, Hadir sebagai narasumber dari Dinas Pertanian  Alia Warjuni, S.TP (Kasi. Pengendalian, Perlindungan dan Pengamatan Tanaman Pangan), Naharuddin, SP. (Fungsional Penyuluh Kabupaten Soppeng) menyampaikan Dengan diterapkannya e-RDKK dan Kartu Tani dalam penyaluran pupuk bersubsidi diharapkan tidak ada lagi atau paling tidak meminimalisir terjadinya penyimpangan dalam penyaluran pupuk bersubsidi sehingga menjamin penyediaan pupuk yang memenuhi prinsip 6 tepat yaitu : jenis, jumlah, harga, tempat, waktu dan mutu.

Semoga 6 tepat pemupukan tadi mudah-mudahan bukan hanya menjadi slogan pemerintah saja, tetapi benar-benar bisa berjalan sesuai dengan planning karena didukung oleh semua lini distribusi pupuk bersubsidi. Selanjutnya di harapkan informasi kartu tani ini dapat segera di sebarluaskan ke tingkat petani dengan pendampingan penyuluh pertanian untuk melakukan sosialisasi dan verifikasi RDKK pupuk bersubsidi.