Kegiatan Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PPHT) Di Kecamatan Marioriawa

281

Penggunaan Insektisida secara berlebihan berdampak timbulnya resurgensi hama sasaran dan pencemaran lingkungan pertanian, sehingga Penerapan Pengendalian Hama Terpadu (PHT) perlu dilakukan. Penerapan PHT adalah untuk membatasi penggunaan insektisida sintetis dengan memperkenalkan konsep ambang ekonomi sebagai dasar penetapan pengendalian hama. Pengenalian hama terpadu merupakan suatu metode yang mengandung prinsip dasar yang menjadi pegangan para pengguna /pelaku utama,menciptakan kondisi yang optimal bagi lingkungan tanam sehingga hama tidak menjadi masalah. Tujuan PHT pengurangan resiko pencemaran lingkungan akibat penggunaan pestisida yang berlebihan, populasi OPT dan kerusakan tanaman secara ekonomis tidak merugikan.

Sosialisasi dan pembukaan ini dilaksanakan pada hari Kamis, 19 April 2018 yang dihadiri oleh Danramil Kec.Marioriawa, Babinsa Kelurahan Attang Salo, Kepala IP3OPT, PHP, Penyuluh Pertanian dan Kelompok Tani Cappagalung beserta anggotanya.

Kegiatan PPHT atau dikenal dengan nama Penerapan Pengendalian Hama Terpadu Kedelai, dilaksanakan di Kelompok Tani Cappagalung, Kelurahan Attang Salo, Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng untuk musim tanam 2018, ini bertujuan agar para petani tau cara Penerapan Pengendalian Hama Terpadu ( PPHT ) Kedelai skala luas. Petani di ajak dalam mengendalian hama penyakit dan tau tanda tanda serangan hama dan penyakit pada tanaman kedelai pada lahan usaha taninya sehingga petani dapat mengendalikan sesuai dengan serangan dan tepat sasaran.