Banjir di Soppeng Rendam 2 Ribu Hektar Sawah

136

Banjir yang melanda beberapa daerah di Kabupaten Soppeng belum juga surut, Selasa (20/6/2017). Selain menggenangi pemukiman warga, lahan pertanian juga tak luput dari luapan air sungai.

Kepala Pertanian Kabupaten Soppeng, Fajar mengungkapkan sedikitnya terdapat 2.474 hektar lahan pertanian yang di Soppeng terendam oleh Air.

“Sejumlah area pertanian yang tergenang air tersebar di lima kecamatan, meliputi Kecamatan Lilirilau, Liliriaja, Ganra, Donri-donri dan Citta,” kata Fajar.

Fajar menjelaskan, lahan pertanian yang terkena dampak banjir di Kecamatan Liliriaja sebanyak 149 hektar, Lilirilau 319 hektar, Ganra 1.457 hektar, Donris 508 hektar dan Citta 41 hektar.

 

“Saat ini Dinas Pertanian memperoleh data sebanyak 2.473 hektar terendam banjir, data tersebut masuk pada pukul 18.00 wita, dan kemungkinan masih bisa bertambah,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan apakah tanaman yang terendam rusak atau tidak. Pihaknya akan melakukan pemeriksaan secara rinci untuk memastikan hal tersebut.

“Kita lihat nanti dalam 2 hingga 3 hari kedepan, baru ketahuan, berapa total padi yang busuk dan berapa besar tingkat kerusakannya,” tutup Fajar.